Minggu, 13 Januari 2013

Diet Untuk Orang Hipertensi dan Tips Menurunkan Tekanan Darah Secara Alamiah

Jika Anda adalah penderita tekanan darah timggi, Anda tentu juga tahu bahwa keadaan tekanan darah tinggi ini akan meningkatkan resiko Anda menderita penyakit jantung, dan masalah gangguan peredaran darah, bahkan kemunginan kejadian serangan jantung dimasa depan.

Sementara itu, bila Anda telah pergi ke dokter untuk berobat, mungkin dokter telah meresepkan obat anti hipertensi untuk Anda sebagai salah satu cara yang lazim untuk menurunkan tekanan darah, padahal untuk hipertensi yang masih tergolong awal, atau border line hypertension, yaitu tekanan darah sekitar 140-130/90-100 mm Hg, tanpa bantuan obat-obatan itu, juga ada sejumlah makanan yang bisa membantu menurunkan tekanan darah anda sehingga menjadi tekanan darah yang normal.

Apa saja jenis makanan yang berefek menurunkan tekanan darah yang tinggi ?

Berikut ini adalah 5 jenis bahan makanan yang bila dimakan secara rutin dan teratur, yang sudah terbukti bisa menurunkan tekanan darah. Selain itu juga mengandung bahan atau komponen yang bisa bermanfaat untuk kesehatan kita secara umum, dan juga beberapa kondisi kesehatan, secara khusus yang berkaitan dengan masalah tekanan darah yang tinggi.

Berkonsultasi dan berdiskusi dengan dokter anda tentang jenis makanan yang spesifik yang sesuai dengan keadaan kesehatan anda.

Menggabungkan obat anti hipertensi dan jenis bahan makanan untuk menurunkan tekanan darah memerlukan pengujian dan pengukuran tekanan darah anda yang teliti, untuk mengetahui efek pasti yang terjadi dengan kombinasi demikian. Mungkin dengan cara kombinasi ini , maka diperlukan penyesuaian dosis obat anti hipertensi untuk anda.



5 Jenis Bahan Makanan yang Berefek Menurunkan Tekanan Darah:

1. Garlic atau bawang putih

Bawang putih adalah bahan makanan yang sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah. Dalam bawang putih terkandung komponen allium, zat aktif yang efektif menurunkan tekanan darah pada penderita penyakit hipertensi. Bawang merah juga mengandung zat allium, meskipun tidak banyak.

Kedua jenis bawang-bawangan ini berefek menurunkan tekanan darah, mengendalikan konsentrasi cholesterol 'jahat' dan dapat mencegah pembekuan darah.

Bawang putih juga adalah antibiotika alamiah, sangat efektif untuk mematikan sejumlah kuman penyakit.

Banyak cara untuk mengolah bawang putih dan bawang merah dalam makanan kita sehari-hari, menurut hasil penelitian bahwa konsumsi bawang putih dan bawang merah secara teratur dan dalam jumlah yang memadai, bisa mengurangi hingga 50% frekuensi kejadian serangan jantung !

2. Ketimun

Ketimun - kombinasi yang ideal dalam salad dengan bawang putih dan bawang merah, bisa membantu menurunkan tekanan darah, sekaligus baik untuk saluran pencernaan dan mengobati gejalah rematik.

Ketimun juga berefek diuretik (berefek merangsang pengeluaran urine) yang ringan, sehingga kita harus mengurangi dosis obat diuretik yang sering diberikan oleh dokter untuk mengobati dan mengendalikan tekanan darah kita.

3. [B]Artichokes


Source: Wikipedia

Jenis sayuran ini juga efektif untuk menurunkan tekanan darah karena mengandung komponen diuretik sehingga bisa menurunkan tekanan darah menjadi normal kembali.

Tanaman ini banyak ditemukan didaerah Eropa, Afrika dan Amerika Latin

Jika anda adalah orang yang over weight, maka tanaman ini juga bisa membantu anda mengendalikan berat badan. Untuk yang menderita penyakit diabetes, tanaman ini bisa membantu mengatur kadar gula darah dan memberikan jumlah serat yang cukup untuk kebutuhan dan kesehatan saluran pencernaan kita juga.

4. Seledri

Seledri adalah jenis sayuran yang telah lama dikenal sebagai obat anti hipertensi yang diramukan dalam makanan.

Seperti ketimun, seledri mempunyai efek diuretik, yang berefek mengurangi kandungan air dalam tubuh. Seledri terkenal bagus untuk mengatur kandungan gula darah pada penderita diabetes dan juga mengurangi kandungan air dalam tubuh.

5. Jamur

Beberapa jenis jamur yang sering dipergunakan sebagai bahan obat dalam obat tradisional China untuk menurunkan tekanan darah dan mengendalikan kadar lemak dan cholesterol darah, misalnya jamur shiitake dan jamur maitake.

Kedua jenis jamur ini, dalam bentuk jamur segar atau bentuk kering, bisa dipergunakan untuk sayuran salad atau soup, berkhasiat selain menurunkan tekanan darah, juga meningkatkaan daya tahan tubuh, melawan infeksi virus dan pencegahan dan pengobatan terhadap penyakit kanker.

Sumber : Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blacy Smiley - Girl