Rabu, 16 Januari 2013

Cek Kesehatan Pranikah, 'Investasi' Masa Depan

Mencegah lebih baik daripada mengobati, lagipula biaya pencegahan tentu lebih murah ketimbang pengobatan. Namun masih ada juga beberapa orang yang enggan memeriksakan diri sejak dini untuk mengetahui adanya risiko penyakit.

Hal ini juga berlaku untuk premarital medical check up. Beberapa orang ada yang sengaja tidak melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum menikah dengan alasan biayanya mahal. Memang biayanya bisa dibilang relatif mahal karena berada dalam kisaran jutaan rupiah.

Misalnya harga yang dipatok di Laboratorium Klinik Prodia Jakarta untuk sepasang calon pengantin adalah Rp 2.791.000, dengan rincian Rp 1.035.000 untuk pria dan Rp 1.756.000 untuk wanita. Pemeriksaan ini mencakup tes hemoglobin rutin, gambaran darah tepi, analisis Hb HPLC, golongan darah dan rhesus, urine rutin, glukosa puasa, HBsAg, VDRL/RPR, anti rubella IgG, anti toxoplasma IgG dan anti CMV IgG.

Khusus untuk pria tidak perlu menjalani anti rubella IgG, anti toxoplasma IgG dan anti CMV IgG sehingga harganya lebih murah. Ketiga pemeriksaan ini ditujukan untuk kondisi yang mengancam janin dalam kandungan. Harga pre marital check up ini bisa bervariasi antar daerah, sehingga bisa saja harga di luar Jakarta lebih murah.

"Jika pemeriksaannya hanya dilakukan untuk item-item tertentu juga bisa dan bisa jadi lebih murah, tapi masuknya bukan paket premarital check up, tapi pemeriksaan lab sesuai permintaan," kata Astri Setiyawati dari Laboratorium Klinik Prodia kepada detikHealth seperti ditulis Rabu, (16/1/2013).

Harga di Prodia Jakarta ini tentu berbeda dengan beberapa tempat lain yang juga menyediakan layanan pre marital check up. Misalnya laboratorium Cito di Tegal mematok harga sekitar Rp 1,3 jutaan untuk sepasang calon pengantin. Dari penelusuran detikHealth, kisaran harga untuk melakukan kesehatan sebelum menikah memang cukup bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Entah apa yang menjadi perbedaan harga ini. Tampaknya tiap penyedia layanan memiliki standar pelayanan dan biayanya sendiri. Jadi sebelum memutuskan, pasangan sebaiknya berkonsultasi dengan teman atau kenalan untuk mencari penyedia layanan yang berkualitas dengan harga yang sesuai. Akan lebih bagus lagi jika minta saran dari dokter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blacy Smiley - Girl