Minggu, 13 Januari 2013

Fungsi Keringat Untuk Kesehatan Tubuh

Keringat merupakan cairan yang keluar dari tubuh Anda setiap hari. Saat sedang macet di jalan, ketika sedang melakukan presentasi di kantor, atau ketika menyantap nasi panas dan sambal terasi pedas. Ketika sedang berkeringat, Anda mungkin akan langsung menyekanya dan melapnya dengan sapu tangan atau tissu. Tidak pernah mencari tahu mengapa tubuh bisa mengeluarkan keringat, dan apa fungsi yang tersembunyi dibalik keringat.

Keringat sering kali dikaitkan dengan hal yang jorok dan bau, padahal sebenarnya keringat itu sangat menyehatkan. Dalam jurnal penelitian Experimental Psycology, sebuah penelitian mengenai fungsi keringat telah dilakukan, dan melibatkan kurang lebih 37 orang wanita dan pria. Para sukarelawan tersebut kemudian diminta untuk bersepeda selama satu jam untuk mengukur kuantitas atau jumlah keringat yang dikeluarkan oleh tubuhnya, serta untuk mencari tahu apa efek yang ditimbulkan dari keringat.

Setelah melakukan penelitian, hasilnya cukup mengejutkan, karena menunjukkan bahwa ternyata volume keringat yag keluar dari tubuh seorang pria jauh lebih banyak daripada volume keringat seorang wanita. Hal ini menyimpulkan bahwa tubuh wanita sedikit lebih buruk daripada pria dalam hal mendinginkan tubuh dari panas yag ditimbulkan oleh aktivitas kerja. Karena fungsi keringat adalah untuk menurunkan suhu tubuh yang meninggi sewaktu melakukan aktivitas berat.

Berikut adalah beberapa fungsi lain keringat bagi tubuh:

Mencerahkan Wajah
Keringat memiliki efek pada kebersihan kulit wajah. Keringat di wajah secara otomatis akan membantu mengurangi kotoran menyumbat pori-pori, sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat di wajah.

Menyehatkan Sirkulasi
Ketika melakukan aktivitas berat yang memicu keluarnya keringat, maka detak jantung akan berdetak cepat serta sirkulasi meningkat khususnya pada daerah kulit. Saat kelenjar keringat melebar, maka aliran darah ke kulit akan meningkat sehingga memacu sistem sirkulasi.

Melawan Infeksi
Ada banyak jenis bakteri dan jamur yang berbahaya bagi kulit Anda, namun keringat dapat membantu Anda mengurangi bakteri-bakteri tersebut. Selain itu keringat juga ternyata mengandung antibiotik alami yang bisa membunuh bakteri.

Membuang Racun
Ada begitu banyak komponen yang terkadung dalam keringat, termasuk sejumlah kecil metal beracun. Ketika keringat keluar, maka toxin atau racun-racun dalam tubuh juga ikut keluar bersama keringat. Oleh karena itu, orang yang aktif mengeluarkan keringat memiliki tubuh yang lebih sehat dibanding mereka yang jarang mengeluarkan keringat.

Keringat Dapat Menyembuhkan
Apakah Anda tahu mengapa ketika seseorang demam, maka tubuhnya akan mengeluarkan keringat? Tubuh memiliki cara sendiri untuk menyembuhkan diri, dan keringat adalah cara tubuh untuk membangunkan sistem imun agar melawan patogen yang membuat Anda sakit.

Mengurangi Asma
Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Michigan menyimpulkan bahwa tubuh yang mengeluarkan banyak keringat setelah berolahraga, maka akan jauh dari risiko menderita asma.

Jadi, Anda tidak perlu ragu untuk berkeringat, karena berkeringat itu sangat menyehatkan. Hanya saja, Anda harus mengganti cairan yang keluar dari tubuh dengan minum air putih yang cukup, agar Anda terhindar dari dehidrasi.

Sumber : Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blacy Smiley - Girl