Minggu, 13 Januari 2013

Penyebab Lelah Sepanjang Waktu

Jakarta : Merasa lelah ketika kita selesai beraktivitas merupakan hal yang wajar. Tapi bagaimana jika kita merasa lelah sepanjang hari.

Seperti dilansir Health, Jumat (11/1/2013) berikut ini penyebab Anda merasa lelah sepanjang waktu.

1. Kurang vitamin dan mineral

"Kondisi tubuh yang lelah bisa disebabkan oleh rendahnya zat besi atau vitamin D atau B12," kata Irene Park, seorang praktisi kesehatan di New York City.

Banyak ahli percaya kalau persentase yang signifikan dari penduduk AS yang kelelahan akibat dari kekurangan vitamin D.

"Tingkat yang lebih rendah dari vitamin D dapat menyebabkan kelemahan otot dan rasa sakit," kata Keenan.

Jika Anda seorang wanita dalam usia reproduksi, kelelahan bisa dikarenakan anemia atau kekurangan zat besi. Dan jika Anda sadar merasa kelelahan sepanjang waktu, cek ke dokter untuk memeriksakan darah. Pertimbangkan untuk mengkonsumsi multivitamin yang dapat membantu Anda dari kebutuhan harian Anda.

2. Anda sedang depresi

Penelitian menunjukkan kalau orang yang depresi mungkin empat kali lebih berisiko mengalami kelelahan.

Latihan aerobik sekitar 30 menit atau lebih, tiga sampai lima hari dalam seminggu, efektif untuk mengobati depresi ringan sampai sedang dan dapat meminimalkan kantuk.

Jika hal ini tidak membantu, coba bicarakan dengan dokter Anda yang mungkin bisa merekomendasikan terapi untuk meningkatkan suasana hati, seperti inhibitor pengambilan kembali serotonin selektif (SSRI).

3. Kelenjar adrenal

Kelenjar adrenal bertanggung jawab melawan hormon adrenalin dan kortisol. Hal ini mungkin diakibatkan oleh kekhawatiran keuangan dan sebagainya. Namun, jika Anda merasa stres sepanjang waktu, kelenjar ini akan terlalu banyak bekerja dan bisa mengakibatkan kelelahan.

Untuk mengisi energi pada kelenjar adrenal Anda, Keenan merekomendasikan untuk meditasi. Buat tubuh menjadi netral kembali.

"Meditasi memiliki efek memperlambat produksi kortisol untuk sementara waktu," katanya.

"Cobalah duduk dengan tenang dan menjernihkan pikiran Anda minimal lima menit sehari. Vitamin B5 dan C juga telah terbukti mendukung fungsi adrenal," kata Jacob Teitelbaum.

4. Apa yang Anda makan dan minum

Kafein mungkin bisa membantu Anda jika Anda mulai mengantuk. Tapi terlalu banyak minum kopi juga bisa bermasalah.

"Dehidrasi bisa menyebabkan kelelahan," kata Bonnie Taub-Dix, seorang ahli diet yang terdaftar di New York City. Minum setidaknya delapan gelas sehari, dan perbanyak makan makanan berserat.

"Intoleransi laktosa dapat menyebabkan diare, yang dapat mengakibatkan dehidrasi," kata Taub-Dix.

5. Adanya penyakit

Ketika Anda tidak tahu lagi penyebab dari kelelahan Anda, pertimbangkan untuk ke dokter. Sindrom kelelahan kronis sering menyebabkan kelelahan intens, selain kualitas tidur yang buruk, kabut otak, dan nyeri otot.

Banyak yang tidak mengerti tentang fibromyalgia dan sindrom kelelahan kronis, tetapi dokter memperkirakan kalau sekitar 14 juta orang Amerika menderita penyakit tersebut. Wanita lebih berisiko mengalami penyakit ini.

"Biasanya ada predisposisi genetik," kata Kent Holtorf, Los Angeles thyroidologist dan pendiri National Academy of Hypothyroidism.

Beberapa dokter menduga kalau fibromyalgia adalah hasil dari kelainan sistem saraf pusat dan sindrom kelelahan kronis berhubungan dengan infeksi. Ahli lainnya berpikir kalau kedua kondisi ini adalah hasil dari disfungsi hipotalamus dan kelenjar hipofisis dan adrenal.

6. Tidur

Pada tahun 2008 Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika, mempelajari tentang tidur. Ada sekitar 403.981 masyarakat Amerika yang mengikuti survei responden ini. Hasil penelitian menunjukkan 12,4 persen perempuan dinilai cukup tidur dibandingkan 9,9 persen laki-laki.

Menurut peneliti, semakin Anda tumbuh, semakin besar kemungkinan Anda untuk mendapatkan tidur yang cukup. Orang-orang di atas usia 65 tahun melaporkan kalau mereka cukup tidur. (FIT/IGW)

Sumber : Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blacy Smiley - Girl