Minggu, 13 Januari 2013

Inilah Nutrisi Pada Daging Sapi dan Kambing




Pemotongan hewan kurban selalu dilakukan pada Hari Raya Idul Adha. Tahukah Anda apa nutrisi yang terkandung dalam daging sapi dan kambing? Baik diolah menjadi gulai, sup, soto, sate atau hidangan lainnya, kedua hewan ini memiliki banyak nutrisi.

Makanan sehat alami yang dikonsumsi sehari-hari tentu harus memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Tak terkecuali hewan kurban kambing dan sapi, keduanya memiliki sumber protein hewani yang sangat hebat.

Daging sapi merupakan sumber mineral seperti zat besi, kalium, magnesium dan tembaga. Dibandingkan mineral yang berasal dari nabati, keempat nutrisi tadi paling mudah diserap. Tak hanya itu, daging sapi juga kaya akan vitamin seperti thiamin, pantotenat, riboflavin, B12 dan B6.

Sebaiknya daging yang dipilih ialah yang tanpa lemak alias merah dan masih segar. Setiap 100 gram daging sapi mengandung 18,8 gram protein, 14 gram lemak dan 201 kkal energi yang baik untuk ibu hamil. Bahkan, sel-sel rusak dalam tubuh bisa diperbaiki juga membantu enzim dan hormon terbentuk.

Daging kambing juga tak kalah bernutrisi. Per 100 gramnya mengandung 16,6 gram protein, 9,2 gram lemak, 149 kkal energi, juga vitamin dan mineral. Manfaatnya bisa meningkatkan dorongan seksual, membantu proses pembentukan sel darah merah bahkan kekebalan tubuh juga meningkat.

Namun berhati-hati dalam mengkonsumsi daging kambing, jangan berlebihan. Sebab bisa menyebabkan kolesterol, hipertensi hingga stroke. Sebagai tips tambahan dalam konsumsi daging kambing, gunakan irisan mentimun, lobak atau air jeruk nipis dan taruh di atas daging agar baunya hilang.
 
Sumber : Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blacy Smiley - Girl