Rabu, 30 Mei 2012

Banyak Teman Bikin Remaja Putri Makin Rajin Olahraga

Jakarta, Bagi seorang remaja putri, pertemanan dengan banyak orang sangat memberi pengaruh positif terhadap kebiasaan berolahraga. Tiap ada tambahan 1 teman baru, remaja putri cenderung berolahraga rata-rata 10 menit lebih lama dari biasanya.

Hal itu terungkap dalam sebuat riset yang didanai oleh World Cancer Research Fund (WCRF) dan National Prevention Research Initiative (NPRI). Menurut riset tersebut, perempuan cenderung berolahraga lebih lama saat memiliki banyak teman di lingkungan pergaulannya.

Secara spesifik dijelaskan lebih detail, durasi olahraga yang dilakukan pada akhir pekan rata-rata bertambah 10 menit tiap ada tambahan 1 teman. Demikian juga aktivitas fisiknya di sekolah, ada tambahan rata-rata 4 menit tiap tambahan 1 teman.

Riset tersebut melibatkan sejumlah remaja putri dari 11 sekolah menengah di Bristol, Inggris.

Meski terbukti pada remaja putri, kecenderungan yang sama tidak teramati pada remaja putra. Pada anak laki-laki, berapapun jumlah teman yang dimiliki maka durasi waktu yang dihabiskan untuk berolahraga cenderung sama saja.

"Riset ini menunjukkan bahwa anak-anak gampang didorong untuk melakukan aktivitas fisik. Kami ingin mendorong anak muda untuk lebih aktif bersama teman-temannya," kata Dr Russell Jago dari University of Bristol yang melakukan riset tersebut, seperti dikutip dari Indiavision, Selasa (8/5/2012).

Kebiasaan olahraga dan melakukan aktivitas fisik dinilai menguntungkan untuk anak-anak di usia pertumbuhan, hingga mencapai usia remaja. Dengan fisik yang bugar, anak-anak dan remaja bisa tumbuh lebih optimal dibandingkan yang jarang olahraga.

Demikian juga manfaat jangka panjangnya, olahraga akan lebih banyak menguntungkan bagi anak-anak dan remaja. Berbagai penelitian menunjukkan, aktivitas fisik yang cukup bisa mengurangi risiko kegemukan, diabetes serta gangguan jantung dan pembuluh darah.

Sumber : DetikHealth

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blacy Smiley - Girl